Google Webmaster Tools

Google Webmaster Tools



Google Webmaster Tools (GWT) adalah mekanisme utama Google untuk berkomunikasi dengan webmaster. Alat Webmaster Google membantu Anda mengidentifikasi masalah dengan situs Anda dan bahkan dapat memberi tahu Anda jika telah terinfeksi perangkat lunak perusak (bukan sesuatu yang ingin Anda lihat, namun jika Anda belum melihatnya sendiri, atau meminta salah satu dari pengguna Anda menciak pada Anda untuk memberi tahu Anda, ini sangat berharga).

Dan bagian yang terbaik? Ini gratis. Jika Anda tidak memiliki akun GWT, Anda perlu mendapatkannya sekarang.

Related



Verifikasi

Sebelum dapat mengakses data di situs Anda, Anda harus membuktikan bahwa Anda adalah perwakilan resmi situs ini. Hal ini dilakukan melalui proses verifikasi.

Ada lima metode verifikasi utama yang ada pada GWT. Tidak ada pilihan nyata mengenai metode mana yang Anda gunakan, meskipun dua yang pertama cenderung paling sering digunakan karena sudah lama berada di tempat.

Dasbor

Setelah diverifikasi, Anda dapat masuk dan mulai memeriksa data situs Anda.
Layar pertama yang akan Anda lihat adalah dasbor. Ini memberi Anda gambaran singkat tentang beberapa informasi yang lebih penting untuk situs Anda, bersama dengan pesan baru dari Google. Kami akan membahas masing-masing widget yang ditampilkan di bagian mereka sendiri.
Pesan situs

Bila Google ingin berkomunikasi dengan seorang webmaster, inilah tempat mereka akan melakukannya. Mungkin ada pesan yang menginformasikan bahwa Anda memiliki laman yang terinfeksi dengan perangkat lunak jahat, sehingga mereka mendeteksi sejumlah besar laman di situs Anda, yang mungkin merupakan indikasi masalah lain, atau bahkan sekadar pesan informasi yang benar-benar dibutuhkan penginstalan WordPress Anda. untuk diperbarui untuk menghapus kemungkinan ada orang yang memanfaatkan celah keamanan yang sudah dikenal di platform itu.

Tidak semua pesan buruk. Ada kemungkinan juga Anda akan mendapatkan yang memberi selamat kepada Anda atas peningkatan lalu lintas ke satu atau beberapa halaman Anda.


Pesan situs

Bila Google ingin berkomunikasi dengan seorang webmaster, inilah tempat mereka akan melakukannya. Mungkin ada pesan yang menginformasikan bahwa Anda memiliki laman yang terinfeksi dengan perangkat lunak jahat, sehingga mereka mendeteksi sejumlah besar laman di situs Anda, yang mungkin merupakan indikasi masalah lain, atau bahkan sekadar pesan informasi yang benar-benar dibutuhkan penginstalan WordPress Anda. untuk diperbarui untuk menghapus kemungkinan ada orang yang memanfaatkan celah keamanan yang sudah dikenal di platform itu.

Tidak semua pesan buruk. Ada kemungkinan juga Anda akan mendapatkan yang memberi selamat kepada Anda atas peningkatan lalu lintas ke satu atau beberapa halaman Anda.

Pengaturan

Mengklik ikon roda gigi di kanan atas memberi Anda akses ke alat yang sebelumnya ada di item menu Konfigurasi.

Preferensi Alat Webmaster

Di sini Anda dapat menentukan apakah Anda ingin menerima ringkasan pesan harian Anda, dan akun email yang Anda inginkan dikirim ke sana.

Pengaturan Situs

Di sini Anda dapat memberi tahu Google beberapa hal tentang situs Anda jika Anda tidak dapat memberi tahu mereka dengan cara lain.

Misalnya, jika Anda memiliki situs .com, host di Duluth, namun ditargetkan ke Inggris, tidak banyak sinyal ke mesin pencari yang merupakan niat Anda. Di tab ini Anda dapat menetapkan target geografis Anda ke Inggris, yang menginformasikan Google tentang niat Anda untuk situs ini.

Anda juga dapat mengatur domain pilihan Anda - apakah Anda ingin agar situs muncul di hasil pencarian dengan www atau tanpa www. Sebagian besar situs akan mengalihkan dari satu ke yang lain, atau berisi tag kanonik, yang akan menghalangi kebutuhan untuk menyetelnya di sini, namun jika Anda tidak memiliki kemampuan itu, inilah cara Anda untuk memberi tahu Google.

Pilihan tingkat perayapan memungkinkan Anda memperlambat laju penjelajahan laba-laba Google. Anda hanya akan benar-benar melakukan ini jika Anda menyaksikan masalah server karena perayapan Google, untuk sebagian besar Anda akan membiarkan Google mengetahui tingkat perayapan yang benar untuk situs Anda berdasarkan seberapa sering Anda menambahkan dan memperbarui konten.

Pemindahan alamat

Jika, pada kesempatan langka bahwa Anda akan melakukannya, Anda memutuskan untuk memindahkan seluruh situs Anda ke domain baru, inilah tempat Anda membiarkan Google mengetahui.
Setelah Anda menyiapkan situs baru Anda, secara permanen mengalihkan konten dari situs lama ke yang baru menggunakan redirect 301, menambahkan dan memverifikasi situs baru Anda di GWT, maka Anda akan mengikuti opsi ini dan menginformasikan Google tentang kepindahan tersebut.
Ini akan membantu indeks diperbarui sedikit lebih cepat daripada jika Google hanya mendeteksi dan mengikuti tahun 301an.


Properti Google Analytics

Jika Anda ingin melihat data GWT Anda di Google Analytics (GA), Anda dapat menggunakan alat ini untuk mengaitkan situs dengan akun GA. Cukup pilih akun GA yang saat ini terhubung untuk mengaitkannya dengan situs ini. Jika Anda tidak memiliki akun GA, Anda memiliki opsi untuk membuatnya di sini.


Pengguna & Pemilik Situs

Di sini Anda dapat melihat daftar semua pengguna yang berwenang di akun, dan tingkat otorisasi mereka. Pengguna baru bisa ditambahkan disini jika perlu.

Pemilik memiliki izin untuk mengakses setiap item di situs.

Pengguna dengan izin "Penuh" dapat melakukan segalanya kecuali menambahkan pengguna, menautkan akun GA, dan memberi tahu Google tentang perubahan alamat.

Pengguna dengan izin "Dibatasi" memiliki batasan yang sama dengan lisensi "Penuh" dan yang berikut: mereka hanya memiliki kemampuan melihat pada data konfigurasi, tidak dapat mengirimkan peta situs atau meminta penghapusan URL, tidak dapat mengirimkan URL, tidak dapat mengirimkan permintaan pertimbangan ulang, dan hanya memiliki kemampuan untuk melihat kesalahan perayapan dan pemberitahuan perangkat lunak perusak (mereka tidak dapat menandai salah satu dari mereka sebagai yang diperbaiki).

Rincian verifikasi

Ini memungkinkan Anda melihat ada masalah / keberhasilan verifikasi.

Associates

Bagian ini memungkinkan Anda mengaitkan akun Google yang berbeda dengan akun GWT Anda, sehingga akun tersebut dapat ditetapkan secara resmi terhubung ke akun / situs. Mereka tidak dapat melihat data apa pun di GWT, namun mereka dapat melakukan tindakan atas nama situs Anda (mis., Membuat akun YouTube resmi untuk situs tersebut, atau mengeposkan ke Google+ atas nama situs melalui akun yang terkait).

Untuk menambahkan pengguna asosiasi, cukup:

- Klik tombol "Tambahkan Pengguna Baru". 
- Masukkan alamat email yang terkait dengan akun yang Anda kaitkan. 
- Pilih jenis asosiasi yang Anda inginkan.
- Klik "Tambah".

Untuk mengaitkan laman Google+, jika akun itu sama dengan GWT dan Google+, Anda sudah selesai. Jika Anda menggunakan akun yang berbeda:

-Arahkan ke halaman Google+. 
-Klik tombol profil di sebelah kiri. 
-Klik "About" di bagian link. 
-Tambahkan link ke situs ini.

Tampilan pencarian

Mengklik? icon di sebelah kanan pilihan menu ini memberikan rincian bagus dari berbagai elemen halaman hasil mesin pencari (SERP).

Data Terstruktur

Di sini Anda dapat melihat informasi tentang semua elemen data terstruktur yang ditempatkan Google di situs Anda, baik dari microformats schema.org atau yang lebih tua.

Penyorot data

Penyorot data memungkinkan Anda membantu Google mengidentifikasi beberapa jenis data terstruktur pada halaman tanpa memerlukan kode untuk benar-benar diterapkan.

Perbaikan HTML

Di sinilah GWT akan memberi tahu Anda masalah dengan judul dan tag deskripsi Anda. Karena judul dan deskripsi harus unik untuk setiap halaman dan harus berada dalam rentang panjang karakter tertentu, bagian ini menunjukkan di mana Anda memiliki masalah yang dapat dan harus diperbaiki.

Misalnya, jika semua halaman tag Anda memiliki deskripsi yang sama, maka Anda sama sekali tidak memberi tahu mesin pencari tentang apa yang ada di halaman tersebut.

Mengklik salah satu kesalahan ini akan memberi Anda gambaran deskriptif yang lebih deskriptif tentang kesalahan dan juga akan memberi Anda daftar halaman tempat kesalahan terdeteksi.

Sitelinks

Kapan pun Google menentukan bahwa situs Anda adalah otoritas untuk kata kunci tertentu, mereka akan menampilkan kumpulan tautan di bawah tautan utama, menunjukkan apa yang mereka yakini sebagai tautan terpenting di laman itu. Dari waktu ke waktu mereka akan menunjukkan tautan yang tidak ingin Anda sampaikan, dan inilah tempat Anda akan memperbaiki masalah itu.
Meskipun Anda tidak dapat menentukan halaman sebenarnya yang ingin Anda tampilkan dalam sitelinks (yang akan terlalu terbuka untuk penyalahgunaan), Anda dapat menentukan halaman mana yang ingin Anda hapus. Cukup masukkan URL halaman dengan sitelinks (tidak selalu hanya beranda), lalu ketikkan URL tautan situs yang ingin Anda hapus.

Perhatikan bahwa URL yang keliru mungkin akan terhindar dari penayangan dalam sitelinks selama jangka waktu tertentu, namun mungkin akan kembali di beberapa titik di masa mendatang (kapan saja setelah 90 hari dari kunjungan terakhir Anda ke laman tautan situs) jika masih terlihat link penting di halaman itu, jadi Anda mungkin ingin meninjau sitelinks secara berkala. Perhatikan juga bahwa Google sekarang telah menempatkan batas 100 pada jumlah penurunan pangkat Anda dapat aktif untuk situs tertentu.

Lalu Lintas Penelusuran

Kueri Penelusuran

Di sini Anda bisa mendapatkan gambaran umum dari kata kunci teratas yang mengembalikan halaman dari situs Anda di hasil pencarian. Perhatikan data yang ditampilkan di sini dikumpulkan dengan cara yang sedikit berbeda dari platform analisis Anda, termasuk GA, jadi jangan harap jumlahnya benar-benar sesuai.

Apa yang dilakukan ini memberi Anda gambaran tentang kata kunci penggerak lalu lintas teratas untuk situs Anda, jumlah tayangan dan klik, dan oleh karena itu rasio klik-tayang (RKT), dan posisi rata-rata bahwa peringkat halaman Anda adalah untuk kueri tertentu .

Anda juga dapat melihat data menurut halaman yang sama, bukan dengan kata kunci. Ini menunjukkan kepada Anda halaman penghasil lalu lintas teratas di situs Anda, dan mungkin membantu Anda mengidentifikasi hal-hal yang harus Anda konsentrasikan dalam mengoptimalkan, karena penghasil lalu lintas tinggi di posisi 11 akan menjadi penghasil lalu lintas yang jauh lebih tinggi di urutan kedelapan.

Tautan ke Situs Anda

Bagian ini mengidentifikasi domain yang paling sering terhubung dengan Anda, bersama dengan konten yang paling-ditautkan. Meskipun kemungkinan besar Anda tidak akan melihat setiap tautan yang ditemukan Google untuk situs Anda, Anda akan melihat lebih banyak daripada jika Anda membuka google.com dan melakukan penelusuran untuk "tautan: yoursite.com".


Tautan Internal


Di sini Anda bisa melihat 1.000 halaman teratas di situs Anda yang diurutkan berdasarkan jumlah tautan internal ke halaman tersebut. Jika Anda memiliki sejumlah kecil halaman di situs Anda, Anda dapat membalik urutannya dengan mengklik header Links.

Setiap halaman yang menunjukkan nol tautan internal telah menjadi yatim piatu dan harus dihubungkan dari suatu tempat di situs Anda, atau diarahkan ke halaman yang sesuai jika halaman lawas itu lawas.

Tindakan Manual


Di sinilah Google akan memberi tahu Anda tentang hukuman manual situs atau keseluruhan halaman / halaman yang telah mereka terapkan ke situs Anda.

Google Index

Status indeks

Status Indeks memungkinkan Anda untuk melacak status situs Anda dalam indeks Google. Berapa halaman yang mereka tampilkan terindeks? Apakah ada kecenderungan mengkhawatirkan? Apakah Anda secara tidak sengaja memblokir sebagian besar situs Anda dari Googlebot? Ini adalah tempat yang tepat untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan tersebut dan lebih banyak lagi.

Kata kunci konten

Bagian ini menampilkan kata kunci yang paling umum ditemukan oleh perayap Google saat menavigasi situs Anda. Satu hal yang perlu diperhatikan di sini adalah jika Anda melihat kata kunci tak terduga dan tidak terkait muncul, itu biasanya merupakan indikasi bahwa situs Anda telah diretas dan kata kunci tersembunyi telah disuntikkan ke halaman Anda.

Hapus URL

Jika Anda menerima surat berhenti dan berhenti dari seorang pengacara yang meminta Anda menghapus halaman dari situs Anda, jika Anda secara tidak sengaja melanggar embargo berita, atau melepaskan obituari saat orang tersebut masih bernafas, Anda kemungkinan besar ingin mendapatkan halaman itu. keluar dari Google sesegera mungkin

Langkah pertama adalah menghapus halaman itu sendiri atau 301 di tempat lain sehingga tidak dapat dijelajahi dan diindeks. Ini mencegah pengguna dan perayap untuk sampai ke sana, namun URL tetap berada di indeks, dan laman masih dapat ditemukan di cache. Dari situlah alat ini masuk

Masukkan URL yang ingin Anda hapus, klik lanjutkan, lalu pilih apakah Anda ingin dihapus dari hasil pencarian dan temboloknya, hanya dari cache atau jika Anda ingin seluruh direktori dihapus. Mengklik Kirim Permintaan menambahkannya ke antrian penghapusan. Biasanya permintaan ini akan diproses dalam dua sampai 12 jam.

Merangkak

Kesalahan Situs


Di sinilah Anda mengetahui tentang kesalahan yang terdeteksi Google saat merayapi situs Anda selama 90 hari terakhir. Ini adalah alat yang sangat berharga karena dapat benar-benar membantu Anda mengidentifikasi berbagai masalah di situs Anda, dari kesalahan server hingga halaman yang hilang, dan kesalahan di antaranya.

GWT menunjukkan jumlah kesalahan, mencantumkan halaman, dan menunjukkan grafik hitungan Anda dari waktu ke waktu untuk kesalahan tertentu sehingga Anda dapat melihat apakah ini merupakan perubahan bertahap atau kejadian yang lebih mendadak (mungkin dorongan kode menyebabkan kesalahan yang tak terduga dengan bagian dari situs yang tidak ada yang memperhatikan).

Bagian ini harus menjadi pelabuhan panggilan yang sering, karena Anda mengawasi masalah baru yang dapat mempengaruhi perayapan situs Anda. Jika situs Anda memiliki keberadaan seluler atau berada di Google Warta, Anda akan melihat tab yang didedikasikan untuk kesalahan perayapan yang spesifik untuk produk tersebut.

Statistik Perayapan

Bagian statistik merangkak memberi Anda gambaran seberapa cepat crawler dapat membaca halaman di situs Anda. Spikes harus diharapkan di sini, tapi jika Anda melihat penurunan halaman yang terus-menerus dijelajahi, atau lonjakan yang berkelanjutan dalam waktu yang dihabiskan untuk mendownload halaman, atau seukuran halaman, maka itu adalah indikasi bahwa Anda harus melihat-lihat dan melihat apa yang terjadi. diubah di situs Anda - mungkin Anda menambahkan modul mitra baru yang menciptakan penambahan yang lebih besar dari perkiraan pada tapak di situs Anda.

Tepat seperti Google


Di sinilah Anda pada dasarnya dapat melihat halaman Anda saat Google melihat mereka. Mereka akan mengembalikan respons HTTP, tanggal dan waktu, dan kode HTML, termasuk 100kb teks terlihat pertama di halaman.

Ini adalah cara yang bagus untuk memverifikasi bahwa perayap Google melihat laman seperti yang Anda harapkan (ingat perayap seharusnya melihat laman yang sama dengan yang dilihat pengguna), dan tidak ada tautan tersembunyi yang disisipkan secara eksternal di laman.

Jika halaman terlihat seperti yang Anda harapkan, maka Anda bisa mengirimkannya ke indeks. Anda diperbolehkan 500 kiriman / kiriman dalam seminggu, dan 10 pengait halaman terkait per minggu (mengirimkan halaman dan semua halaman yang ditautkan dengannya pada waktu yang bersamaan).


URL yang dicekal

Bagian ini adalah tempat untuk menguji robots.txt Anda saat ini terhadap halaman manapun di situs Anda untuk memverifikasi apakah iklan tersebut dapat dirayapi atau tidak. Anda juga dapat menguji modifikasi robots.txt untuk mengetahui apakah mereka bekerja seperti yang Anda antisipasi terhadap berbagai halaman di situs Anda.

Peta Situs

Di sinilah Anda dapat mengakses semua informasi tentang peta situs yang telah diinformasikan GWT. Untuk menguji peta situs, klik tombol sitemap add / test, dan GWT akan memberi tahu Anda jika sitemap tampak valid. Jika ya, maka cukup tambahkan sitemap dengan menggunakan prosedur yang sama, kecuali klik tombol add sitemap.

Perhatikan bahwa tampilan default di sini adalah untuk hanya menampilkan peta situs yang telah Anda tambahkan. Untuk melihat yang telah ditambahkan oleh pengguna resmi lainnya di akun, klik tab "semua".

Laman menunjukkan peta situs yang telah Anda kirimkan, jumlah halaman yang mereka temukan di masing-masing, dan jumlah halaman yang mereka indekskan. Anda juga dapat melihat dengan cukup jelas jika ada masalah yang terdeteksi di dalam peta situs Anda. Cukup klik pada hyperlink peringatan untuk melihat semuanya.

Parameter URL

Dengan diperkenalkannya dan penggunaan tag kanonik, fitur ini tidak digunakan sebanyak dulu. Apa yang dilakukannya adalah memungkinkan Anda menentukan parameter string kueri URL yang tidak boleh dipertimbangkan saat memeriksa URL di situs untuk menentukan URL unik.

Misalnya, jika Anda memiliki parameter pelacakan yang Anda gunakan untuk kampanye tertentu, maka halaman tersebut jelas merupakan halaman yang sama persis seperti ketika itu tercapai tanpa parameter pelacakan. Memasukkan parameter pelacakan di sini memberi tahu Google bahwa mereka harus mengabaikan parameter pelacakan saat melihat URL.

Masalah keamanan

Jika Google mendeteksi adanya perangkat lunak perusak atau masalah keamanan lainnya di situs Anda, ini adalah tempat mereka akan mencantumkannya (ini juga akan muncul di bagian pesan). Jika Anda melihat halaman di sini, Anda akan ingin memperbaikinya sesegera mungkin dan klik tombol "Request a Review" yang akan ditampilkan di sini.

Sumber Lain

Bagian ini berisi link ke alat yang berada di luar GWT, namun menarik bagi para webmaster, seperti alat Pengujian Data Terstruktur, yang memungkinkan para webmaster untuk menguji implementasi skema mereka, Pembantu Markup Data Terstruktur, dan pihak-pihak lain.

Labs

Bagian lab berisi fungsionalitas yang ada dalam mode pengujian. Bila dianggap "siap untuk prime time" maka akan dipromosikan ke bagian reguler GWT, atau mungkin saja lenyap jika bertekad untuk tidak berguna.

Statistik Penulis

Dengan dorongan besar untuk mengikat bylines ke akun Google+, alat ini memungkinkan Anda melihat data untuk laman yang menjadi pengarangnya, sehingga Anda perlu masuk ke akun di GWT yang sebelumnya Anda siapkan sebagai penulis.

Pratinjau Instan

Alat ini memungkinkan Anda melihat tampilan situs Anda menggunakan fitur Pratinjau Instan Google (tampilan situs Anda yang dapat dilihat di hasil penelusuran saat mengarahkan mouse ke panah ganda yang muncul di samping hasilnya).

Bing Webmaster Tools

Sekarang setelah Anda mempercepat Google Webmaster Tools, jangan lupa mesin pencari lain yang menawarkan toolset gratis ke webmaster yang juga harus Anda gunakan: Bing. Lihat Bing Webmaster Tools: Ikhtisar untuk panduan lengkap.




Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel