PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS 1 PELAJARAN KASIH SAYANG
NewsMateri
Pelajaran 1
Kasih Sayang
A. Kasih Sayang Nabi Muhammad saw.
Kompetensi Inti
KT-1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KT-2. Menunjukkanan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya dan berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
KI-3. Memahami pengetahuan faktual dengan acra mengamati rmendengar, mclihat, mcmbaca] d. menu, berdasarkan rasa ingin tahu tentang di rinya, makhluk ciptaan Milan dan kegiatannya, clan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI-4 Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang meneerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman clan berakhlak mulia.
Catatan: Dalam RPP K1-1, KT-2, KI-3 clan KT, dicantumlum
2. Kompetensi Dasar (KD)
1.17 Meyakini kebenaran Ids. Nabi Muhammad saw.
2.17 Menunjukkan sikap jujur dan kasih sayang scbagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
3.17 Memahami kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
4.17 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
3. Indikator Pencapaian Kompetensi
Meyakini kebenaran kisah Nabi Muhammad saw.
Menunjukkan sikap kasih sayang.
Menyebutkan sikap terpuji dari kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
Menjelaskan sikap sayang dari kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
Menceritakan sikap terpuji dari kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
Menceritakan kisah singkat keteladanan Nabi Muhammad saw.
4. Proses Pembelajaran
a. Persiapan Guru memulai pembelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa bersama.
2) Guru memeriksa kehadiran, kerapihan berpalotian, posisi, dan tempat duduk peserta didik discsuaikan dcngan kcgiatan pembelajaran.
3) Guru menyapa peserta didik dengan memperkenalkan diri kepadu peserta didik.
4) Guru menyampaikan tujunn pembelajaran.
5) Guru dapat memanfaatkan media/alat peraga/alat banth benma ilustrasi gambar atau tayangan visual (film) yang relevan.
6) Gunt dapat memanfaatkan model/strategi/metode pembelajaran yang digunakan di antaranya
(1) ceramah Mteraktif (menceritakan clan menjelaskan kisah melalui gambar atau tayangan visual/film),
(2) diskusi dalam bentuk the educational-diagnosis meeting, artinya peserta didik berbincang mengenai pelajaran di kelas dengan maksud sating mengoreksi pemahaman mereka atas pelajamn/materi yang diterimanya agar masing-musing memperoleh pemahaman ytmg benar, dan dilengkaPi lembar pengamatan dalam pelaksanaan diskusi.
b. Pelaksanaan
1) Guru meminta peserta didik mengamati gambar tentang ciptaan Allah Swt di dalam buku teks.
2) Peserta mengemultakan isi gambar
3) Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukakan peserta didik tentang isi gambar tersebut.
4) Guru memintakembali pendapatpeserta didik dari isi gambar path balaman berikutnya (suasana idul fitri, a n ak-a nak yanglain gembira semen tara satu anak sedang horse.).
5) Guru menyatnpaikan kiss) singkat k3sihssyssgNsbi Muhammad saw. (berkaitan dengan ilustrasi gambar tersebut).
6) Pada kolom "strap.", guru meminta pesertadidik bersama-sama mengueapkan "Aku einta Rasulullah".
7) Guru membimbing peserta didik membacakan salawat badar dan terjemahnya balls per barisikalimat per kalimat.
8) Pada kolom "ayo kerjakan" peserta didik seeara berpasangan dengan teman sebangku untuk memperhatikan dan mencermati gambar tersebut.
9) Selanjutnya peserta didik mengemukakan isi gambar tersehut (kasih sayang seorang teman terhadap ternan 1ainnya). 10
) Pada kolom "insya Allah aku bisa" guru membimbing peserta didik untuk memberikan tanda (,) pada kolom alatt 'titlak..
5. Penilaian Guru melakukan penilaian terhadap peserta didikdakun kegiatan mengamati gambar pada kolom "ayo kerjakan".
Kolom terdapat pada Gambar dibawah
Keterangan: BT Belum Terlihat (apabila peserta belum memperlihatkan tanda-tanda awal periMku yang dinyatakan dalam indilcator).
MT : MulaiTerlihat (apabila pcserta di. sudah mulai memperlihatkan ada, tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indilcator tetapi belum konsisten).
MB Mulai Berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tondo perilaku yang clin)atakan dalam indikator clan mulai konsis(en).
MK : Membudaya (apabila peserta didik terns menerus memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam in(1ikator secara konsisten).
Guru dapat mengembangkan soal berikut rubrik dan penskorannya sesuai dengan kebutuhan peserta didik.
6. Pengayaan Pcscrta didik yang sudah mcnguasai matcri pcmbclajaran, diminta mcngcrjakan materi pengayaan yang sudah disiapkan benma gambar yang menceritakan perilaku kasih sayang. Beberapa pill han dapat dilakukan, misalnya menggunting dan menempelkan beberapa gambar yang menceritakan perilaku kasih sayang dalam satu lembar. (Guru mencatat clan rnemberikan tambahan nilai bagi Melia didik yang berhasil dalam pengayaan).
7. Remedial Pcscrta di. yang Mum menguasai matcri pembelajaran, akan diberikan penjelasan kembali oleh guru tentang materi kasihsayang Nabi Muhammad saw. Guru melakulcan penilaian kembali (lihat butir dal= kegiatan mengama6
Gs. SD .1.1 Mai Resisi
Penjelas terdapat pada gambar
gambar yang sejenis.
Pelaksanaan remedial dilakukan pada hari dan waktti tertentu yang disesuaikan, misalnya 3o menit setelah jam pulang.
8. Interaksi Guru dan Orang Tua
Guru meminta peserta didik memperlihatkan kolom "Insya Allah alm bise dalam buku teks kepada orang tuanya dengan memberikan komentar dan pan, Kegiatan ini dapat juga dilakukan dengan menggimakan buku penghubung guru dan orang tua atau konumikasi langsung dengan omng tun untuk mengamati perilaku kasih stipmg anak dalam keluatganya. Misalnya, orang tua diminta untuk mengamati perilaku kasih sayang peserta didik kepada adiknya.
B.Kasih Sayang Allah
1. Kompetensi anti
(KI) Mcnerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI-2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya . dalam berinteraksi dengan kcluarga, teman, dan guru. Menyajikan pengetahuan faktual dala bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan pIng mencerminlcan anak sehat, clan dalam tindalcan yang mencerminkan peMak-u anal: beriman dan berakhlak mulia.
KI-3. Memahami pengetahuan faktual dengan cam mengamati [mendengar, mclihat, mcmbacaj dan mcnanya bcrdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
Catatan: Dalam RPP Kt, K1-2, clan dicantumkan
2. Kompetcnsi Dasar (KD)
1.5 Menerima adanya Allah .t. Malta Pcngasih, Maha Penyayang dan Maharaja.
2.5 Menunjukkan silcap kasih sayang, peduli, ketjasama dan percaya sebagai implementasi dari pemahaman Asma'al Has.: ar-Rcihmun, ar-Rahim,
Lihat Gambar
4.5 Melafalkan Asm,u1 fps.: ar-Rahman, ar-Rahim, dan 3.5 Monahami malmaAsntiffui Hasa& a,Ralunan,ar-Rahhn, dan
3. Indikator Pencapaian Kompetensi 1.5.1 Menerima adanya Allah SwL Malta Pengasill. t.5.2 Menerima adanya Allah Swt. Maha Penyayang. 25.1 Mentmjukkan sikap kasih sayang. 4.5.1 Melafalkan Av.,/ Hos. ar-Rahman. 4.5.2 Melafalkan Asmaul !liana ar-Rahim. Mengartilcan Asmoul Husna ar-Rahman. 3.5.2 Mengartikan Asmaul qusna ar-Rahim. 3.5.3 Menyebutkan sayang Allah Swt.
4. Proses Pembelgjaran a. Persiapan Ikuti langkah butir 4 sub pclajaran sebelumnya, kccuali mcmperkenalkan diri. Beherapa alternatif media/alat peraga/alat bantu dapat dimanfaatkan, scperti tulisan di papan tulis atau karton autism yang besar dan mudah dilihat/dibaca). Jika memungkinkan, guru dapat menggunakan layangan terawangan, slide (media projector). Hal ini dilakukan untuk mengkonkretkan antara apa yang diucapkan dan bentuk tulistm. b. PelakNanaan 3 Guru mcngajak didik mclafalkan a,Rahman dan a,Rahim. 2) Guru memberikan penjelasan arti ar-Ralunan dan ar-Rahim. 3) Guru mcminta peserta didik mengamati gambar pada sub pelajaran a, Rahman dan 4) Peserta didik mengemukakan isi gambar tersebui 5) Guru mcmbcrikan penjelasan tambahan dan ponguatan yang dikemukakan oleh peserta didik tentang isi gambar tersebut. 6) Gunt mcminta kembali pendapat peserta didik dart isi gambar berikutnya. 7) Pada kolom "sikapku", guru memMta pcserta didik bcrsama-sama mengucapkan "alat menyayangj temank-u". 8) Pada kolom "two kerjakan", peserta didik secant berpasungan (dengan tcman scbangku) untuk melafalkan ar-Rahman dan ar-Rahim.
9) Selanjutnya, peseita didik diminta untuk mengamati peristiwa kasih sayang di ruff. dan menceritakan kssih sayang dalam keluarga (hasil kegiatan disampaikan pada pertemttan berikutnya). to) Pada kolom "insya Allah aku bin", guru membimbing peserta didik untuk memberikan tmda (1) pada kolom .ya' atau it) Pada kolom "taigas kelompok" peserta didik melakukannya seem diskusi.
5. Penilaian Guru melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam kegiatan individu menjawab pertanyaan pada kolom "ayo kerjakan". Penskoran Benar dan lenglcap = too Nilai akhir = Perolehan nilai x too
Benar dengan jawaban = so Jumlab skor Tidak menjawab/salah = 0 Kunei jawaban: ar-Rahmem arti, Allah Maha Pengasth ar-Rahim artinya Allah Maha Penyayang
Gum dapat mengembangkan instrumen penilaian sesuai dengan kebutuhan peserta didik.
6. Pengayaan Peserta didik diminta memilah dan menentukan gambar yang mencerminkan kasilt sayang atau atau dengan menceritalcan isi gambar tentang sayang yang sejenis (Ithat butir 6 sebelumnya).
7. Remedial Peserta didik yang belum mencapai KKM wajib mengilmti remedial. Guru menjelaskan kembali materi lcasih sayang Allah Swt. dan melakulcan penilaian kembali (Rat butir 7 sebelumnya). Dalam tugas kelompok, jumlah pmerta didik dalam kelompok disesuaikan. Selanjutnya melalui perwakilan kelompok peserta didik menyampaikan basil diskusinya. Kelompok lain menyampaikan pendapatnya. Guru membimbing jalannya diskusi.
8.Interaksi Guru dan orang Tua
Butir 8 Halaman 4 adalah hal perkembangan pengetahuan dan sikap peserta didik bisa juga guru melakukan kunjungan ke rumah peserta didik.
Baca Juga : Bisnis online menjajikan untuk para pemula
Baca Juga : Bisnis online menjajikan untuk para pemula