Apa itu strategi dan taktik bisnis

NewsMateri

Apa itu Strategi dan Taktik Bisnis?






Strategi mengacu pada arah menuju tujuan. Taktik adalah tindakan yang diambil untuk mendukung strategi itu. Sebagian besar bisnis berurusan dengan lima jenis strategi dan taktik yang digunakan untuk mencapai tujuan strategis: strategi produk, harga, pemasaran, operasional dan keuangan.


Taktik Fungsional adalah kunci, kegiatan rutin yang harus dilakukan di setiap bidang fungsional yaitu manajemen sumber daya manusia (SDM), pemasaran (Marketing), keuangan, produksi / operasi, penelitian dan pengembangan untuk menyediakan produk dan layanan bisnis. Oleh karena itu taktik fungsional mendefinisikan pemikiran (strategi besar) ke dalam tindakan yang dirancang untuk mencapai tujuan jangka pendek tertentu. Setiap aktivitas rantai nilai (Value Added)di sebuah perusahaan menjalankan taktik fungsional yang mendukung strategi bisnis dan membantu mencapai tujuan strategis.


Contoh & Langkah Penting dalam Membangun Strategi Bisnis Perusahaan


Adapun dalam cara-cara yang bisa dilakukan sebagai langkah-langkah dalam menetapkan atau menentukan strategi bisnis sangat penting memperhatikan beberapa aspek, diantaranya.


1. Strategi Pertumbuhan

Strategi pertumbuhan memerlukan pengenalan produk baru atau menambahkan fitur baru ke produk yang sudah ada. Kadang-kadang, perusahaan kecil mungkin terpaksa mengubah atau meningkatkan lini produknya untuk bersaing dengan pesaing. Jika tidak, pelanggan dapat mulai menggunakan teknologi baru dari perusahaan yang kompetitif. Contoh kasus; perusahaan telepon seluler terus-menerus menambahkan fitur baru atau menemukan teknologi baru. Perusahaan telepon seluler yang tidak mengikuti permintaan konsumen tidak akan bertahan lama dalam bisnis. 


Perusahaan kecil juga dapat mengadopsi strategi pertumbuhan dengan mencari pasar baru untuk produknya. Terkadang, perusahaan menemukan pasar baru untuk produk mereka secara tidak sengaja. contohnya, produsen sabun konsumen kecil mungkin menemukan melalui riset pemasaran bahwa pekerja industri menyukai produknya. Oleh karena itu, selain menjual sabun di toko ritel, perusahaan dapat mengemas sabun dalam wadah yang lebih besar untuk pabrik dan pekerja pabrik. 


2. Strategi Diferensiasi Produk

Perusahaan kecil sering menggunakan strategi diferensiasi produk ketika mereka memiliki keunggulan kompetitif, seperti kualitas atau layanan superior. Sebagai contoh, produsen kecil atau pembersih udara dapat memisahkan diri dari pesaing dengan desain teknik unggul mereka. Tentunya, perusahaan menggunakan strategi diferensiasi produk untuk membedakan diri dari pesaing utama. Namun, strategi diferensiasi produk juga dapat membantu perusahaan membangun loyalitas merek. 


3. Strategi Price-Skimming

Strategi penggelembungan harga (bahasa Inggris: Price-skimming) melibatkan pengisian harga tinggi untuk suatu produk, khususnya selama fase perkenalan. Perusahaan kecil akan menggunakan strategi penggelembungan harga untuk segera memulihkan biaya produksi dan iklannya. Namun, harus ada sesuatu yang istimewa tentang produk bagi konsumen untuk membayar harga selangit. Contohnya adalah pengenalan teknologi baru. Perusahaan kecil mungkin yang pertama memperkenalkan panel surya jenis baru. Karena perusahaan adalah satu-satunya yang menjual produk, pelanggan yang benar-benar menginginkan panel surya dapat membayar harga yang lebih tinggi. Salah satu kerugian dari Price-skimming adalah bahwa hal itu cenderung menarik persaingan yang relatif cepat. Individu yang giat dapat melihat keuntungan yang diperoleh perusahaan dan menghasilkan produk mereka sendiri, asalkan mereka memiliki pengetahuan teknologi. 

Baca Juga : Jenis jenis strategi bisnis

4. Strategi Akuisisi

Perusahaan kecil dengan modal ekstra dapat menggunakan strategi akuisisi untuk mendapatkan keunggulan kompetitif. Strategi akuisisi melibatkan pembelian perusahaan lain, atau satu atau lebih dari lini produknya. Misalnya, toko kelontong kecil di pantai timur dapat membeli rantai belanja yang sebanding di Midwest untuk memperluas operasinya. 


Supaya membantu mendapatkan gagasan atau ide yang lebih baik tentang jenis strategi pemasaran bisnis yang harus digunakan, maka tentukan dulu apa yang ingin dicapai dengan taktik pemasaran Anda.


Referensi : pengertianartidefinisidari.blogspot.com

Daftar Pustaka: 
Management by Stephen P. Robbins, Mary Coulter 11th edition (2010)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel