10 Jenis Usaha Kuliner yang paling laku

NewsMateri.Jika kita bicara tentang kuliner rasanya tidak akan ada habisnya,karna kuliner merupakan santapan manusia setiap harinya yang selalu membuat hal baru dengan bereksperimen dengan rasa dan cita rasa yang mulai di kembangkan menjadi lebih Elegan,unik dan berbagai macam tampilan.Nah Pada kesempatan kali ini yang akan saya bahas yaitu Jenis usaha kuliner yang Paling Laku.

Setiap tahunnya selalu muncul berbagai jenis kreasi kuliner yang unik dan digemari masyarakat. Di era digital seperti saat ini, tolak ukur kesuksesan sebuah usaha kuliner dapat dilihat dari seberapa populer makanan tersebut di media sosial. Di tahun 2017 saja ada berbagai jenis kuliner yang sudah sering wara-wiri di feed media sosial. Lantas, jenis usaha kuliner apa saja sih yang paling laku di tahun 2019? Simak ulasannya berikut ini.

1.Banana Nugget, Usaha Kuliner dengan Modal Relatif Kecil



Potret banana nugget mungkin sudah sering wira-wiri di feed media sosial Anda. Ya, kudapan manis ini memang menjadi salah satu jenis usaha kuliner yang paling menggoda di tahun 2017 kemarin. Saking populernya, Kaesang Pangarep, putra Presiden Joko Widodo pun tertarik untuk terjun ke bisnis ini dengan mendirikan gerai banana nugget bernama Sang Pisang.

Memang, apa sih yang bikin banyak orang tergila-gila dengan kuliner satu ini? Banana nugget bukan sekadar pisang goreng yang dilapisi tepung roti. Kudapan legit satu ini punya banyak aneka varian rasa seperti cokelat, green tea, keju, nutella, tiramisu, dan oreo yang bikin penggemarnya ketagihan.

2.Martabak, Usaha Kuliner yang Tak Lekang oleh Zaman



Dari dulu hingga sekarang, martabak selalu menjadi kudapan favorit masyarakat Indonesia. Varian martabak pun kini menyesuaikan tren dan minat masyarakat modern. Jika dulu kita hanya mengenal dua jenis martabak yakni martabak manis dan martabak sayur, sekarang ada berbagai varian rasa martabak yang dapat kita nikmati.

Meses dan keju dalam martabak manis kini sudah diganti dengan varian toppingkekinian seperti green tea, tiramisu, red velvet, nutella, hingga rasa permen karet. Evolusi martabak tak hanya berkutat pada varian rasanya. Martabak kini tak hanya dikenal sebagai jajanan khas kaki lima. Kudapan legit ini pun dapat Anda nikmati di kafe-kafe kenamaan.

Baca Juga : Tips Diet Sehat yang Baik dan Benar

3.Sate Taichan, Sate Polos yang Bikin Banyak Orang Ketagihan



Sate taichan juga menjadi salah satu usaha kuliner yang paling booming di tahun 2017 kemarin. Dari restoran ternama hingga kedai kaki lima semuanya berbondong-bondong memperkenalkan kuliner satu ini. Sate taichan sendiri pada dasarnya merupakan kuliner yang terdiri dari potongan daging berbalut bumbu khas taichan yang terbuat dari garam dan perasan jeruk nipis yang dihidangkan dengan sambal.

Sedapnya sate taichan telah berevolusi menjadi salah satu jenis usaha kulineryang menjanjikan. Salah satu gerai sate taichan yang populer di Jakarta, Sate Taichan Kemang, bahkan dapat meraup laba bersih minimal Rp 3.000.000 setiap harinya.

4.Aneka Olahan Ayam



Kuliner berbahan dasar ayam pun kini kian banyak jenis dan varian rasanya. Salah satu kuliner berbahan ayam yang sedang populer saat ini adalah ayam geprek. Ayam goreng pipih dengan balutan sambal yang menggugah selera ini dapat ditemukan dengan mudah di berbagai daerah di Indonesia. Kepopuleran ayam geprek pun banyak menggugah minat masyarakat untuk menjadikan kuliner satu ini sebagai ladang bisnis yang menjanjikan. Selain ayam geprek, camilan ayam belakangan juga banyak digemari masyarakat. Camilan dada ayam yang dipotong dadu dan dilengkapi dengan aneka bumbu pedas banyak ditemukan di gerai pusat perbelanjaan.

Baca Juga : Resep Ayam Kecap Mentega

5.Aneka Minuman Kekinian



Thai tea merupakan salah satu jenis minuman ringan yang sudah lama diminati masyarakat. Perpaduan susu kental manis, teh, dan aneka varian rasa lainnya mampu melepas dahaga di tengah teriknya cuaca siang hari. Tak hanya thai tea, jus mangga yang dipadukan dengan yoghurt dan potongan mangga pun menjadi minuman kekinian yang segar dan sehat. Selain rasanya yang segar dan manis, aneka minuman kekinian tersebut juga dibanderol dengan harga relatif terjangkau, yakni mulai Rp 20.000.

Pada nomor 6-10 ini saya masukkan beberapa kuliner jalanan yang menurut saya memiliki potensi modal kecil dengan keuntungan yang sangat besar,karna apapun usaha tersebut hasilnya tergantung yang menjalani.Nah dalam hal ini sasaran konsumen yaitu dari kalangan Pelajar Remaja bahkan sampai orang dewasapun bisa menikmatinya dengan harga terjangkau dan kualitas atau rasa yang cocok dengan lidah orang Indonesia.

6.Seblak



Gak disangka, makanan terbuat dari krupuk yang direndam air panas hingga lunak ini jadi kuliner favorit saat ini. Bahkan banyak pedagang yang menciptakan kreasi aneka rasa seblak ini.

Di Bogor misalnya, banyak pedagang yang menjual seblak ceker, seblak makaroni hiongga seblak sosis. Dengan modal yang murah, bisnis seblak ini bisa mendatangkan untung melimpah.

Modal awal

– Gerobak = Rp 2 juta
– Peralatan masak = Rp 2 juta
– Biaya operasional bulanan = Rp 1 juta

Total = Rp 5 juta

Omzet per hari

30 prosi x Rp 5.000 = Rp 150.000 per hari

Keuntungan per bulan

Omzet – Biaya operasional = Rp 4,5 juta – Rp 1 juta = Rp 3,5 juta

7.Cireng



Cireng alias aci digoreng jadi makanan yang banyak digemari orang. Camilan ini bisa jadi peluang usaha makanan yang bisa kamu lakukan. Kamu bisa jual aneka rasa mulai dari cireng kornet, daging, abon, oncon dan rasa lainnya. Modal untuk jualan cireng relatif murah dan untungnya juga lumayan.

Modal awal

– Gerobak = Rp 2 juta
– Peralatan masak = Rp 2 juta
– Biaya operasional bulanan = Rp 1 juta

Total = Rp 5 juta

Omzet per hari

150 x Rp 1.500 = Rp 225.000 per hari

Keuntungan per bulan

Omzet – Biaya operasional = Rp 6,75 juta – Rp 1 juta = Rp 5,75 juta

8.Gorengan



Peluang usaha makanan yang gak bakal ada matinya adalah gorengan. Hampir setiap orang menyukai gorengan. Maka jangan heran kalau tukang gorengan yang mangkal di pinggir jalan selalu laris manis.

Modal awal

– Gerobak = Rp 2 juta
– Peralatan masak = Rp 2 juta
– Biaya operasional bulanan = Rp 1 juta

Total = Rp 5 juta

Omzet per hari

300 x Rp 500 = Rp 150.000 per hari

Keuntungan per bulan

Omzet – Biaya operasional = Rp 4,5 juta – Rp 1 juta = Rp 3,5 juta

9.Tahu Bulat



Tahu bulat masih jadi peluang usaha makanan yang menjanjikan. Kita bisa buktikan di beberapa kota besar yang menjual tahu bulat. Bahkan pedagang tahu bulat saat ini sudah merambah hingga ke perkampungan.

Biasanya, pedagang tahu bulat menjajakan jualannya melalui mobil pick up. Para pedagang ini menjual dagangnnya secara dadakan.

Namun, para pedagang yang gak punya mobil mulai berjualan dengan menggunakan sepeda motor atau sepeda. Ada juga yang jualan dengan di halaman atau depan rumah.

Nah, kamu bisa pilih tuh mau jualan pakai pick up, sepeda motor atau jualan di halaman rumah aja. Kamu bisa jual tahu bulat Rp 500 per butir.

Modal awal

– Gerobak = Rp 2 juta
– Peralatan masak = Rp 3 juta
– Biaya operasional bulanan = Rp 1 juta

Total = Rp 6 juta

Omzet per hari

300 butir tahu x Rp 500 = Rp 150.000 per hari

Keuntungan per bulan

Omzet – Biaya operasional = Rp 4,5 juta – Rp 1 juta = Rp 3,5 juta

10.Sosis Bakar



Suka makan sosis bakar di pinggir jalan bersama pasangan? Ah, jangan jadi pembeli terus dong. Sesekali jadi penjual gitu. Kan lumayan pelanggan sosis bakar ini banyak banget.

Nah, sosis bakar ini jadi peluang usaha makanan yang menjanjikan lho. Dan modalnya pun gak perlu besar kok.

Modal awal

– Gerobak = Rp 2 juta

– Peralatan masak = Rp 2 juta

– Biaya operasional bulanan = Rp 1 juta

Total = Rp 5 juta

Omzet per hari

60 x Rp 5.000 = Rp 300.000 per hari

Keuntungan per bulan

Omzet – Biaya operasional = Rp 9 juta – Rp 1 juta = Rp 8 juta

Kreativitas menjadi modal utama untuk mencapai kesukesan dalam berbisnis, tak terkecuali dalam usaha kuliner. Akan tetapi, kreativitas bisa jalan di tempat jika tidak ada modal usaha yang cukup. Untuk itu, perlu bagi pengusaha atau pegiat UMKM untuk menyuntikkan modal tambahan demi usaha yang berjalan dengan baik. Salah satunya dengan mengajukan pembiayaan Kreasi di Pegadaian yang dikhususkan bagi para pemilik usaha. Di sini, para pemilik usaha bisa mengajukan pinjaman mulai dari 1 juta sampai dengan 200 juta rupiah dengan jaminan surat BPKB kendaraan bermotor. Prosedur kredit yang cepat dan bunga yang murah ini memiliki angsuran tetap per bulan yang semakin memudahkan pegiat UMKM mengembangkan usahanya. Dengan kecakapan mengolah makanan dan minuman, kelihaian dalam mengamati tren, serta memiliki modal yang cukup, Anda tidak akan kehabisan ide dalam berinovasi di bidang kuliner.
Seseorang tak bisa berpikir jernih, mencintai dengan benar, dan tidur dengan baik jika belum makan dengan baik.”  Virginia Wolf

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel